[BANDUNG] CHINATOWN - KELENTENG

Chinatown atau Pecinan atau Kampung Cina merupakan suatu kawasan yang mayoritas penghuninya merupakan orang Tionghoa yang merantau dan menetap di kawasan tersebut. Chinatown sendiri dapat kita jumpai di berbagai negara di dunia seperti Thailand,Australia, dan India. Kali ini saya akan membahas Chinatown yang ada di Indonesia tepatnya di kota Bandung.  

Untuk kalian warga Bandung atau yang hendak bekunjung ke Bandung,wajib nih untuk mampir ke destinasi wisata terbaru yang ada di daerah Kelenteng ini. Berlokasi di Jalan Kelenteng 41,Chinatown Bandung ini baru saja di buka untuk umum pada hari Jumat 4 Agustus 2017 kemarin.

Entrance 




Mushola

Saya datang pada hari Rabu 9 Agustus 2017 sekitar pukul 3 sore. Suasananya tidak begitu ramai seperti pada saat hari pertama di buka. Chinatown sendiri buka mulai pukul 12 siang hingga pukul 10 malam untuk weekdays dan pukul 12 siang hingga 12 malam untuk weekend. 

Untuk masuk ke kawasan Chinatown ini kamu harus membeli tiket masuk (bisa dengan uang tunai) seharga Rp. 10.000 untuk weekdays dan Rp. 20.000 untuk weekend. Tiket ini bisa kamu tukarkan dengan air mineral di pintu masuknya. Untuk bertransaksi di Chinatown (membeli makanan atau souvenir) hanya bisa menggunakan kartu BCA yakni Debit dan Flazz (tanpa minimum transaksi) dan Kartu Kredit (minimum transaksi 100.000). Kamu juga bisa membeli kartu flazz atau top up saldo di tempat.




Begitu masuk,suasana oriental pun kental terasa. Di dekat pintu masuk,kamu akan menjumpai Bandung Chinatown Museum,yang di dalamnya terdapat informasi-informasi sejarah penduduk Tionghoa di Bandung serta beberapa informasi seputar kuliner khas Tionghoa. Terdapat juga beberapa koleksi barang antik khas masyarakat Tionghoa. Di sebrang Bandung Chinatown Museum ini terdapat Official Merchadise Store Chinatown bagi kamu yang ingin berburu souvenir khas Chinatown ini.







Terdapat banyak pilihan kuliner yang bisa kamu coba di Chinatown Bandung ini. Ada Bakpao,Nasi Hainan,Sate,Bakmi,Baso Goreng,Soto,Gelato,Thai Tea dan juga Bola Ubi. Pada kesempatan kali ini saya mencoba dua pilihan kuliner yang ada disini. 







Pertama saya mencoba Terminale Gelato. Sekedar informasi,Terminale Gelato ini  juga dapat kamu jumpai di Living Plaza Dago. Sama seperti di tempat gelato pada umumnya,kamu bisa mencoba rasa terlebih dahulu. Ada beberapa ukuran cup yang bisa kamu pilih. Saya memesan cup dengan ukuran Piccolo. Dengan harga 33 ribu rupiah saya mendapatkan 2 scoop gelato dengan pilihan rasa yang berbeda. Saya memilih rasa Cheese Cake dan Biscottino yang merupakan rasa favorit disini. Saya suka rasa cheesecake nya,enak,terfavorit. Tekstur gelatonya juga lembut. Ada tambahan wafer juga sebagai toppingnya.


Piccolo Size with 2 flavors (33K)

Selain itu,saya juga mencoba Sate Shakaw. Terdapat berbagai pilihan sate disini. Ada Jagung,Sayuran,Crab Stick,Jamur Enoki,Daging Ayam,Beef,Chikuwa,Baso Ikan,Horenzo,Bawang,Kulit Ayam,Petai,Telur Puyuh,Sosis dan lainnya. Untuk harganya sendiri mulai dari 5000-8000. Di ujung tusukan sate terdapat semacam warna yang berbeda yang menentukan harga dari masing-masing jenis sate tersebut. Seperti warna Biru yang artinya semua tusuk sate dengan warna biru memiliki harga yang sama yakni 5000 rupiah. Setelah memilih sate apa saja yang ingin kita beli,kamu bisa membawanya ke kasir untuk di hitung dan melakukan pembayaran. Kasirnya akan menulis nama mu dan di letakan di atas tray untuk nanti kamu ambil pesananmu setelah sate nya selesai di bakar terlebih dahulu. Rasa dari masing-masing sate yang saya pilih ini enak,di bakar dengan bumbu berbeda. Dengan harga terjangkau,cukup untuk membuat perut kenyang.








Sekian kunjungan saya di Chinatown ini. Sekedar saran karena tempat ini baru buka,biasanya pengunjung akan padat pada saat weekend. Kamu bisa berkunjung pada hari biasa sekitar pukul 3-5 sore untuk merasakan kepuasan berfoto-foto di beberapa spot yang ada di Chinatown Bandung ini.

🎡 CHINATOWN BANDUNG - KELENTENG 🎡
🏢 Lokasi : Jalan Kelenteng 41,Bandung
🕑 Jam Operasional : Weekdays 12.00-22.00 / Friday & Saturday 12.00 - 24.00
 🎫 Tiket Masuk : Weekdays 10.000 / Weekend 20.000 (free air mineral)
Instagram Page : @chinatown_bdg

Info Tambahan :
▶ Semua transaksi pembelian makanan dan souvenir (kecuali pembelian tiket masuk) hanya menggunakan kartu Debit BCA,Flazz atau Kartu Kredit BCA.
▶ Parkiran yang di sediakan tidak begitu luas
▶ Semua makanan di sini Halal

Comments

  1. china town di wisata bandung ini emang keren abis, cocok buat liburan akhir tahun. nice post

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

[BANDUNG] Warteg Hipster

Animo Bakery - Cipete,Jakarta Selatan

Bakso Raket - Cililitan